fbpx
Search
Close this search box.

Meniti Karier dari Lapangan ke Panggung: Oki Rangga dan Realitas Sepak Bola di Indonesia

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp

Table of Contents

Kalau lo lagi kepoin dunia sepak bola Indonesia belakangan ini, pasti bakal sering nemu berita tentang masalah gaji pemain, perubahan kepengurusan, sampe kompetisi yang dibubarin. Nah, di tulisan ini gue bakal ceritain pandangan Oki Rangga, yang dulu main bola sekarang jadi komedian, soal pengalaman dia di dunia sepak bola dan apa yang dia pikirin tentang pemilihan ketua umum PSSI.

Dari Uang Gaji yang Ngaret sampe Panggung Komedi

Pernah denger kan cerita soal gaji pemain yang kacau balau? Nah, Oki Rangga juga ngalamin itu. Dia punya kontrak yang harusnya bayar 8 bulan, tapi cuma dibayar 2 bulan doang. Lu bayangin dong, gimana rasanya kerja keras tapi duitnya nggak masuk? Pengalaman itu yang akhirnya bikin dia mikir keras buat cabut dari sepak bola dan masuk ke dunia komedi. Meskipun gaji dari komedi nggak segede bola, tapi dia milih yang dijaminin dan punya potensi jangka panjang.

Tanggung Jawab PSSI dan Dampaknya Buat Pemain

Oki Rangga juga ngasih sorotan tentang gimana pemecatan kompetisi sepak bola berdampak ke pemain. Dia ngerasa perlunya pemain dikompensasi dengan layak karena udah ngeluarin tenaga buat klub. Dan yang lebih penting, dia juga cerita soal manajemen yang mesti diperbaiki biar semangat mainnya tetep ada.

Proses Pemilihan Ketua PSSI dan Harapan Buat Masa Depan

Di tengah kritik soal proses pemilihan ketua umum PSSI yang dianggap kurang jelas, munculnya nama-nama baru kayak Bapak Lanyala dan Bapak Erick Thohir bikin ada harapan baru buat pengelolaan sepak bola di Indonesia. Meskipun Oki Rangga agak skeptis soal kemampuan para kandidat lama, tapi dia tetep berharap agar sepak bola di Indonesia bisa lebih profesional dan transparan ke depannya.

Regenerasi Kepemimpinan dan Bisnis Sepak Bola

Oki Rangga juga vokal soal pentingnya regenerasi kepemimpinan di PSSI. Dia pengen liat figur muda yang punya pengalaman jadi pengambil keputusan. Dan yang paling penting, dia berharap sepak bola di Indonesia bisa dikelola kayak bisnis yang bener-bener profesional. Kalau dia jadi ketua umum PSSI, prioritasnya bakal jadi buat ngebenerin sistem pemilihan dan nambahin kesejahteraan pemain biar nggak ada lagi korupsi di dunia sepak bola.

Nah, dari pandangan dan pengalaman Oki Rangga, kita bisa dapetin banyak insight soal masalah yang lagi dihadepin dunia sepak bola Indonesia. Dengan fokus pada transparansi, regenerasi kepemimpinan, dan kesejahteraan pemain, semoga aja kita bisa liat perubahan positif di masa depan.

Saksikan Wawancara Lengkapnya di Youtube Komisi.co!

Meet The Politician

Ditulis Oleh :