fbpx
Search
Close this search box.

567M DANA TAPERA MANDEK?

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
(INSTAGRAM : KOMISI.CO)

Table of Contents

Ha 567M dana TAPERA mandek? kok bisa
Terdapat Laporan dari Badan Pemeriksa Keuangan BPK, terkait pengelolaan dana TAPERA. Dimana terdapat 124.900 ASN yang tidak bisa mencairkan dana Tapera miliknya, dengan berbagai alasan, sehingga total dana yang masih mandek di BP Tapera terdapat 567 Miliar. Kejanggalan itu ditemukan oleh BPK saat melakukan audit di beberapa daerah baik Jakarta, Bali, Sumut, Lampung, Jateng Hingga Yogyakarta.

Sehingga para ahli waris maupun pensiunan ASN, tidak bisa mencairkan dana mereka yang sudah dipotong oleh Tapera. Lalu BPK menemukan bahwa BP Tapera membuat kesalahan di mana Tapera tidak menerapkan sistem syariah dalam mengumpulkan dana iuran ASN, efeknya BP Tapera akan sulit mencapai target pengumpulan dana, karena sistemnya tidak berjalan berdasarkan aturan yang ada.

TAPERA BERPOTENSI ADA KECURANGAN
Lanjut setelah dari kesalahan prosedur pengumpulan dana oleh pihak BP Tapera, BPK juga menemukan bahwa Badan ini mengalami permasalahan dalam hal administratif. Dimana terdapat anomali data kepesertaan BP Tapera, yaitu sebanyak 247k peserta aktif Tapera, terdapat 176k yang mengalami anomali dan 70k data BP Tapera tidak ada data NIKnya. Selain itu pihak BPK menyoroti adanya peserta ganda dari pensiunan, yang efeknya dana Tabungan Tapera Berpotensi mengalami pembengkakan saat di kembalikan ke pensiunan.

BPK SARAN APA?
Lebih lanjut BPK menyarankan kepada BP Tapera, untuk melakukan pemutakhiran data asn yang masih aktif maupun sudah pensiun agar tidak ada data ganda. Setelah itu data untuk pengembalian dana TAPERA untuk pensiunan maupun ASN Aktif, bisa dikoreksi sesuai data yang baru.

Meet The Politician

Ditulis Oleh :