fbpx
Search
Close this search box.

BESAR YA, UPAH BOS IKN!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
(INSTAGRAM : KOMISI.CO)

Table of Contents

KEPO YA GAJI BOS IKN?
Buat kamu yang merasa awam tentang sosok Kepala otorita IKN, dan kepo dengan gaji yang diterima nah mimin tak jelasin sedikit fungsi kepala Otorita apa, serta mau kan berapa gaji yang diterima, hehehe.

APA ITU KEPALA OTORITA IKN
Dari berbagai sumber yang ada, Kepala otorita itu memiliki kedudukan setara dengan Menteri. Untuk pengangkatan berada ditangan Presiden dan DPR hanya sebagai pengawas, serta untuk masa bakti Kepala Otorita Ikn hanya berlaku 5 tahun, dan bisa diperpanjang oleh Presiden jika Tugas yang dijalankan berjalan dengan baik. 

Tugas dan Wewenangnya Apa?
Dalam tugasnya Kepala Otorita IKN bertanggung jawab langsung kepada Presiden terkait perkembangan terbaru dari proyek Ibukota Negara, dan juga terkait perihal perizinan untuk mengakomodir pertumbuhan ekonomi masyarakat. Untuk wewenang Kepala Otorita IKN berupa penerbitan lokasi pengadaan tanah di Ibukota Baru, contoh bangun Mall di IKN untuk mengurus lahannya langsung kepada Kepala Otorita.

Lanjut dalam hal pengalihan hak atas tanah di IKN, hukum wajib melaporkan kepada Kepala Otorita. Terus mengenai penanggung jawab jalannya roda pemerintahan di Ibukota baru selama ini menjadi tanggung jawab Kepala Otorita, karena Presiden dan unit pemerintah lain masih dalam proses persiapan pemindahan dari Ibukota Jakarta ke IKN.

Terakhir mengenai penggunaan dan perawatan fasilitas di IKN, tetap menjadi tanggung jawab Kepala Otorita. selain itu untuk penyusunan dan perencanaan serta penggunaan anggaran untuk ibukota baru, hal itu juga menjadi tanggung jawab Kepala Otorita asal dengan memperhatikan Rencana Induk Ibukota, baik skala jangka menengah dan jangka jauh.

Berapa sih Gajinya?
Dari aturan Perpres No 13 Tahun 2023, dimana menyebutkan bahwa gaji pokok yang diperoleh Kepala Otorita sebesar 178 JT, sedangkan wakilnya mendapatkan gaji 145 JT. Gaji itu akan dipecah dalam berbagai aspek baik itu gaji pokok, tunjangan kinerja, tunjangan jabatan, dan tunjangan lainnya. namun semua itu belum ditambah dengan dana lain, seperti dana operasional dengan jumlah yang sama-sama besar mencakup ratusan juta rupiah, jadi gimana udah nggak kepo kan soal apa itu kepala Otorita IKN.

Meet The Politician

Ditulis Oleh :