fbpx
Search
Close this search box.

INI SEBAB BOS IKN CABUT?

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
(INSTAGRAM : KOMISI.CO)

Table of Contents

Mundur Kenapa Ya?
Setelah kabar mundurnya Bambang Susanto dari kursi kepala Otorita IKN, tentu publik bertanya-tanya apa sih penyebab mundurnya Pak Bambang beserta wakilnya. Tentu bola panas terus bergulir dengan cepat, dari keterangan satu yang katanya ini, lalu pihak Pak Istana terlalu tertutup alasan mundurnya Bambang Susanto, dan Pak Bambang sendiri memilih diam seribu bahasa.

Menurut Para Praktisi?
Dari sudut akademis, hal yang bisa jadi indikator penyebab awal Bambang dan wakilnya Dhony, akhirnya mengambil keputusan untuk mundur dari jabatannya pertama menurut Eko dari Indef “faktor yang membuat Bambang mundur adalah: karena target yang ingin dicapai tidak sejalan dengan realitas di lapangan, dimana target Tinggi tapi batas waktu yang dikasih sangat tidak realistis.

Lebih Lanjut Eko memaparkan bahwa dengan Mundur Bambang dan Dhony, dari kursi otorita bisa memunculkan kekhawatiran dari investor. Ketika mereka masih menjabat sedikit kali investor yang mau masuk, apalagi saat ini pasti jadi tambah ragu dong antara mau lanjut atau tidak. Eko pun mengingatkan agar pemerintah segera menunjuk kepala otorita yang baru, serta agar pemerintah memasang target lebih realistis lagi, agar Investor tau prospek kedepannya seperti apa, imbuhnya.

Lalu menurut Trubus selaku pengamat kebijakan publik dari universitas Trisakti, faktor dana membuat selama ini proyek IKN cenderung berjalan lambat. Karena faktor pendanaan yang berasal dari APBN sedangkan uang investor yang masuk masih terhitung sedikit membuat pembangunan tidak maksimal, ditambah faktor pembebasan lahan yang berjalan lambat ini jadi lah satu kesatuan yang terikat, jadi sangat tidak realistis lah pemerintah memaksakan IKN bisa dipakai saat 17 Agustus nanti.

Meet The Politician

Ditulis Oleh :