fbpx
Search
Close this search box.

INTERNET LOKAL DIBANTAI STARLINK!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
(INSTAGRAM : KOMISI.CO)

Table of Contents

Luhut : Salahmu Sendiri Nggak Bisa Berkompetisi
Kini Indonesia digemparkan dengan fenomena Starlink, sebuah layanan Internet berbasis Satelit besutan Elon Musk, layanan yang tidak membutuhkan namanya kabel fiber optik yang panjang serta tidak ribet lagi dengan membangun banyak BTS, dari kepraktisan ini membuat value meningkat sehingga banyak masyarakat Indonesia menjadi tertarik dengan layanan starlink.

Beberapa pengusaha lokal mengeluhkan dengan keberadaan bisnis starlink, milik Elon Musk dan keberadaannya sangat mengancam bisnis mereka. Salah satu pengusaha internet lokal, Bogi Wicaksono menjabarkan, saat ini starlink sedang mengembangkan layanan internet berbasis direct-to-mobile atau disebut dengan layanan direct-to-cell, serta menurut Bogi hanya telkom yang mampu bersaing melawan starlink

ADA YANG KETAR KETIK?
Terkait banyaknya pengusaha lokal yang menolak keberadaan starlink, hal itu pun di respon oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan. Opung Luhut memberikan respon negatif dan menyalahkan para pengusaha internet lokal yang tidak mampu beradaptasi, sehingga kalah dalam persaingan..


Opung Luhut berucap berucap “Kalau kalian tidak bisa mengikuti zaman, ya itu salah kamu,”. Pak Luhut menambahkan Starlink diizinkan masuk ke Indonesia, karena pemerintah mau memberikan kesempatan yang sama bagi semua pihak.Dia juga meyakini peluncuran Starlink akan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Internet Lokal Kena Mental!
Begini ucapannya,“Sebenarnya, kami ingin memberikan kesempatan yang sama bagi semua pihak, dan bagi saya datangnya starlink akan membantu masyarakat secara umum”. Lalu siapa yang paling diuntungkan dari hal ini semua? Luhut menilai penurunan harga starlink akan memudahkan masyarakat yang biasa berlangganan mahal, di perusahaan internet lain.

Pak Luhut memberi contoh kegunaan starlink dalam kehidupan bermasyarakat, seperti Dokter yang tinggal di daerah terpencil dan terluar, maka akses kesehatan via internet akan bergerak semakin cepat dan lancar. “Saat ini, puskesmas yang sudah beralih ke Starlink jauh lebih rendah secara biaya dibanding yang belum beralih.”

Pak Luhut menambahkan “bagi warga yang tinggal di daerah terpencil sekalipun bisa mendapatkan saran yang sama dari dokter berpengalaman di Jakarta“ Plus sejauh ini, operasi bisa dilakukan dari jarak jauh”, katanya. Pak Luhut menambahkan, kehadiran starlink dapat menggantikan layanan internet yang biasanya disediakan oleh menara BTS. “Kemarin saya nonton film harus pakai BTS, sekarang nggak butuh BTS, orang sudah ada starlink” kata Luhut.

Bagi Luhut berucap, Starlink bisa mendukung pendidikan dan kesehatan di Indonesia, khususnya di daerah terluar yang penetrasi internet belum meluas. Selain itu, Starlink bisa menjangkau wilayah yang belum memiliki Internet atau blank spot. “Fungsi starlink hadir untuk menjangkau wilayah white spot sehingga mengarah kepada komunikasi yang lebih baik dan penyampaian layanan medis dan pendidikan ke daerah-daerah terpencil,” ucapnya.

Meet The Politician

Ditulis Oleh :