fbpx
Search
Close this search box.

IZIN ORMAS SEBAGAI KADO PEMENANGAN 02!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
(INSTAGRAM : KOMISI.CO)

Table of Contents

Hadiah untuk Ormas karna telah menangkan Prabowo-Gibran?

Presiden Jokowi baru saja menandatangani PP nomor 25 tahun 2024 tentang pelaksanaan kegiatan usaha pertambangan mineral dan batubara yang memberikan izin ormas keagamaan untuk mengelola lahan tambang di Indonesia.

Pemberian izin ini menjadi sorotan karena dinilai ada kaitanya dengan pelaksanaan pilpres 2024 yang dimenangkan oleh prabowo dan anak sulung Presiden Jokowi. Izin tambang untuk ormas ini dinilai merupakan bentuk hadiah Presiden Jokowi untuk Ormas yang sudah berjasa memenangkan Prabowo-Gibran dalam pilpres 2024.

Setelah PP ini di tandatangani oleh Presiden Jokowi, Pemerintah langsung Menyiapkan Konsensi batubara dengan cadangan cukup besar ke PBNU. Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan IUP (Izin Usaha Pertambangan) Batu bara untuk NU sedang di proses.

Bukan hadiah, tapi bencana

Banyak kritikan yang muncul setelah lahirnya Peraturan Pemerintah yang memberikan izin tambang untuk ormas ini, salah satunya dari Ferdy Hasiman (Peneliti Alpha Research Database) ia menyatakan pengelolaan tambang seharusnya diserahkan pada pihak yang berkapasitas untuk mengelolanya.

Ferdy juga mencurigai lahirnya Peraturan Pemerintah ini juga bagian dari praktik politik balas budi yang dilakaukan oleh Presiden Jokowi.

Potensi Konflik horizontal

Dengan ditandatanganinya PP nomor 25 ini turut melahirkan potensi Konflik horizontal karena akan ada tuntutan dari ormas non keagamaan untuk mendapatkan hak yang sama sedangkan dalam PP nomor 25 ormas yang berhak mendapatkan izin tambang hanyalah ormas keagamaan.

Meet The Politician

Ditulis Oleh :