fbpx
Search
Close this search box.

KOMINFO MAU BUAT DEWAN MEDSOS?

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
(INSTAGRAM : KOMISI.CO)

Table of Contents

KOMINFO BERULAH?
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah berencana membentuk dewan atau badan medsos untuk bisa mengatur konten-konten yang beredar di media sosial. Hal ini dikonfirmasi oleh Menkominfo sendiri Budi Arie Setiadi, dia mengatakan dewan medsos ini akan 

berfungsi selayaknya dewan pers. Dia menambahkan peran dewan medsos bertindak seperti mediator antara pelapor dan terlapor, jika ada perselisihan dalam pembuatan content di media sosial. “Seperti halnya Dewan Pers lah, formatnya sih tetap independen,” kata Budi Arie saat ditemui awak media.

.DEWAN MEDSOS?

 Budi menyebutkan pembentukan dewan medsos akan berkoordinasi dengan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, & Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO). Budi bilang dewan medsos lahir dari banyaknya Content medsos yang muncul menjadi kontroversi di publik, tentu membuat Dewan Pers menjadi sulit mengatasi perselisihan yang terjadi di medsos.

 
Budi menambahkan, dewan ini telah sesuai rekomendasi dari UNESCO yang saat ini sedang membahas hal yang sama terkait medsos. Namun budi bilang, saat ini kominfo masih menunggu gagasan dewan media sosial yang digodok oleh negara-negara Eropa. Serta Budi membantah terbentuknya dewan medsos hanya membatasi kebebasan berekspresi di medsos.

 
Budi berucap, bahwa anggota dewan medsos nantinya bakalan terdiri dari anggota yang berasal dari masyarakat sipil. Nah tugasnya untuk menyikapi perselisihan yang ada di medsos, seperti pencemaran nama baik, plagiat konten ataupun sebagaimana diatur dalam UU ITE. sehingga kedepan Kita bisa menyelesaikannya setiap kasus melalui agenda permintaan maaf dan lain-lain, misalnya permintaan maaf terbuka melalui media mainstream..

Meet The Politician

Ditulis Oleh :