fbpx
Search
Close this search box.

OH INI HASIL BAYAR TAPERA

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
(INSTAGRAM : KOMISI.CO)

Table of Contents

Kenapa Harus Ada TAPERA
Tapera Tabungan Pemeras Rakyat eh salah deng, yang bener Tabungan Perumahan Rakyat. Merupakan program pemerintah pusat, dengan cara mengumpulkan dana yang berasal dari iuran masyarakat yang bersifat wajib. Tujuan TAPERA untuk menyediakan perumahan bagi rakyat dengan berbiaya rendah, serta memastikan masyarakat mendapatkan rumah layak huni, dengan biaya rendah.

Peserta TAPERA siapa
Untuk mendukung program ini berjalan lancar, maka pihak pemerintah telah me-list siapa saja pekerja yang layak dikenakan potongan TAPERA, pertama CPNS, kedua PNS itu sendiri, ketiga TNI & POLRI, keempat Pejabat, kelima pekerja BUMN, dan terakhir keenam para pekerja swasta dan buruh. dari list yang sudah dikeluarkan oleh negara, munculah kontroversi di publik, karena sektor swasta kini diwajibkan ikut Tapera.

Tapera dipotong berapa sih
Di aturan Pemerintah yang baru telah menuliskan besaran biaya yang perlu dikeluarkan oleh pekerja. dari PP No 21 Tahun 2024 Pasal 15, dimana untuk pekerja swasta maupun buruh maka potongan itu akan terbagi menjadi dua yaitu 2,5% dari pihak pribadi dan 0.5% dari pihak perusahaan. namun akan berbeda pihak pekerja lepas, mereka tetap diwajibkan bayar Tapera namun dengan 3% full dari uang pribadi mereka.

Terus Manfaatnya Apa!
` Pemerintah dalam aturannya juga menjabarkan, manfaat apa yang diperoleh untuk pekerja yang sudah mengikuti Tapera. Melalui aturan yang sama manfaat yang bisa diperoleh berupa KPR (Kredit Pemilikan Rumah) kalau KPR pada tau lah ya artinya, nah selanjutnya ada KBR (Kredit Bangun Rumah) kredit ini diberlakukan bagi pemilik pertama yang ingin membuat rumah pertamanya, jadi si karyawan ini sudah punya lahan namun tidak memiliki biaya bangun. melalui KBR karyawan ini bisa membangun rumah impian, terakhir ada KRR (Kredit Renovasi Rumah) yaitu kredit yang ditujukan bagi karyawan yang sudah punya rumah tinggal tapi kondisi bangunan tidak baik, nah pemerintah turut andil membiayai renovasi rumah.

Meet The Politician

Ditulis Oleh :