fbpx
Search
Close this search box.

ORMAS BISA NAMBANG, INI SYARATNYA?

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
(INSTAGRAM : KOMISI.CO)

Table of Contents

OH TERNYATA ADA SYARATNYA!
Terkait hebohnya kabar pak Jokowi memberi izin ke ormas untuk bisa menambang, lantas warga bertanya dong, kok bisa sih ormas dapat izin menambang, syarat-syaratnya seperti apa sih, kok bisa semudah itu bisa nambang. Ternyata banyak dari masyarakat belum tahu, bahwa ada syarat khusus agar sebuah ormas bisa melakukan pertambangan.

Ini Syaratnya
Berdasarkan keterangan dari Menteri ESDM Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif. Untuk syarat yang harus dipenuhi maupun syarat apa yang bisa dilakukan pemerintah untuk bisa memberikan lahan bekas pertambangan kepada pihak ormas, ternyata ada persyaratan khusus lagi. Dimulai dari ormas itu sendiri wajib membuat sebuah badan usaha ormas, dimana untuk perizinan pembuatan badan usaha berada ditangan Kementerian BKPM. Atau biasanya orang sebut sebagai Badan Koordinasi Penanaman Modal, setelah izin usaha telah keluar bisa mengajukan perizinan pertambangan kepada kementeriannya.

Lanjut setelah izin telah keluar, bagi ormas yang sudah memiliki badan usaha ormas. Maka ormas itu akan diberikan sebuah Wilayah Izin Usaha Pertambangan Khusus, atau disebut dengan WIUPK. Habis itu ormas bisa mendapatkan wilayah namun sifat wilayah itu bekas hasil pertambangan sebelumnya dikenal dengan nama PKP2B (Perjanjian Karya Pengusaha Pertambangan Batubara), nah dari wilayah bekas itulah Ormas bisa melakukan pertambangan secara legal.

Meet The Politician

Ditulis Oleh :