fbpx
Search
Close this search box.

DIRJEN SUDAH MUNDUR, BAPAK BUDI KAPAN?

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
(INSTAGRAM : KOMISI.CO)

Table of Contents

PEJABAT KOMINFO MUNDUR?

Hey, guys! Ada kabar panas nih dari dunia teknologi Indonesia. Pada hari kamis kemarin Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, baru saja mengundurkan diri dari jabatanya setelah peretasan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2.

OH Baru Dirjen!

“Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya”. “Tidak terasa hampir 8 tahun saya bertemu teman-teman”. “Karena semua ada waktunya, inilah waktunya saya berpisah”. “Per tanggal 1 Juli, saya sudah mengajukan pengunduran diri saya secara lisan dan suratnya sudah saya serahkan kemarin kepada Menkominfo”, ungkap Semuel pada Kamis 4 Juli kemarin.

Alasan Semuel Mundur?

Tanggung jawab moral, guys. Peretasan PDNS 2 ini bikin banyak layanan publik jadi  terganggu, dan sebagai Dirjen Aptika, Semuel merasa bertanggung jawab atas kasus ini. “Kejadian ini bagaimanapun, secara teknis merupakan tanggung jawab saya, sebagai Dirjen Aptika pengampu dalam proses transformasi pemerintahan”. “Jadi saya bersikap untuk mengambil tanggung jawab secara moral, seharusnya ini bentuk tanggung jawab saya untuk menangani ini lebih baik kedepannya”, lanjutnya.

Terkait tanggapan Menkominfo Budi Arie Setiadi, Semuel bilang Menkominfo bakal kasih pernyataan resmi. Siapa pengganti Semuel? Masih diproses, katanya. “Pengganti akan ditindaklanjuti”. “Tidak akan mengawal proses ini kedepannya, bagaimana caranya? Kan saya sudah mundur. Tentu yang akan menggantikan (yang mengawal kasus ini)”, jelas Semuel.

Tetap Komit

Meski mundur dari jabatannya, Semuel tetap ingin berkomitmen buat transformasi digital di Indonesia. “Rencana pastinya sudah ada, namun saya akan fokus untuk transformasi digital Indonesia. Kan membangun Indonesia tidak harus bergabung pemerintah”, tutupnya. Nah, jadi gimana nih, Bapak Budi? Kapan nih mengikuti langkah Pak Dirjen? Stay tuned, ya guys!

Meet The Politician

Ditulis Oleh :