fbpx
Search
Close this search box.

HACKER MINTA MAAF, BENERAN ATAU PRANK?

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
(INSTAGRAM : KOMISI.CO)

Table of Contents

AH Hacker Minta Maaf?

Hey guys! ada berita heboh nih Jadi kelompok hacker Brain Cipher, baru saja kasih pengumuman akan merilis kunci ransomware yang menyerang Pusat Data Nasional (PDN) 2. Mereka bilang kunci ini akan diberikan secara gratis pada hari Rabu pekan ini!

Motifnya Apa?

Menurut Brain Cipher, serangan mereka bukan bermotif politik, tapi buat ngingetin ke pemerintah Indonesia untuk pentingnya membiayai industri siber dan tolong rekrut orang spesialis-spesialis yang berkualitas. “Rabu ini, kami akan memberi Anda kunci secara gratis, kami harap serangan dari kami bisa menjelaskan kepada Anda betapa pentingnya membiayai industri dan merekrut orang-orang spesialis yang berkualifikasi tinggi”. “Serangan kami tidak membawa unsur politik, hanya uji penetrasi dengan pasca bayar”, tulis Brain Chiper. Mereka juga minta maaf kepada masyarakat Indonesia yang kena dampak serangan ini.

Bulan Ini akan Aktif?

Sementara itu, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto bilang layanan PDN Sementara bakal pulih bulan ini. Upaya pemerintah buat memulihkan layanan PDN termasuk backup dengan cold site dan peningkatan ke hot site di Batam. Selain itu, ada juga perlindungan data berlapis dengan cloud yang diawasi langsung oleh pihak BSSN.

Sejak serangan ransomware Brain Chiper pada tanggal 17 Juni yang lalu, sebanyak 282 instansi terdampak. Hingga 25 Juni, 44 instansi udah memulihkan data, sisanya masih proses. Serangan ini pakai ransomware lock bit 3.0 yang pertama kali dilaporin sama Broadcom sehari sebelum Vmware melaporkan celah keamanan.

Banyak Juga Yang Terdampak!

Nah, menurut kalian, permintaan maaf Brain Chiper ini beneran tulus atau cuma prank? Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya!

Meet The Politician

Ditulis Oleh :