fbpx
Search
Close this search box.

INILOH SOSOK PENGGANTI HASYIM!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
(INSTAGRAM : KOMISI.CO)

Table of Contents

Inilah Calon Ketua KPU Berikutnya!

Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus, bilang kalau Iffa Rosita bakal menggantikan Hasyim Asy’ari sebagai komisioner KPU RI. Hasyim dipecat secara tidak hormat oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu karena ketahuan melanggar kode etik KPU. “Iya, bener [Iffa] yang dari Kalimantan,” kata Guspardi ditemui oleh awak media di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis yang lalu.

Segera Diterbitkan!

Guspardi ngejelasin kalau Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus segera ngeluarin surat keputusan untuk memecat Hasyim dan segera menunjuk penggantinya dalam tujuh hari kedepan setelah keputusan DKPP keluar. Dia bilang pengganti Hasyim nggak perlu lagi mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di DPR. Penggantinya dipilih berdasarkan hasil uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 yang diadakan Februari 2022 yang lalu.

Waktu itu, calon anggota KPU nomor urut delapan adalah Viryan Aziz. Tapi, Viryan sudah meninggal dunia Mei 2022 lalu. Jadi, Iffa yang berada di posisi sembilan punya peluang untuk gantiin Hasyim. “Udah ada mekanismenya, digantikan nomor urut delapan, jadi urut di mana waktu kami melakukan fit and proper test,” kata Guspardi. “Kalau ada komisioner yang meninggal dunia, mengundurkan diri, atau melakukan tindak pidana dan sebagainya, nanti bakal digantikan nomor urut delapan dan seterusnya,” tambahnya.

Pemimpin Yang Kredibel!

Iffa Rosita sendiri dulunya merupakan anggota KPU Bontang dan sekarang masih menjadi Komisioner KPU Kalimantan Timur. Hasyim dipecat sebagai ketua sekaligus komisioner KPU oleh DKPP berdasarkan sidang putusan etik pada Rabu (3/7). Dia ketahuan melakukan kekerasan seksual terhadap anggota PPLN Den Haag, Belanda.

Meet The Politician

Ditulis Oleh :