fbpx
Search
Close this search box.

KADO INDAH DARI OPUNG, UNTUK RAKYAT

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
(INSTAGRAM : KOMISI.CO)

Table of Contents

Opung Selalu Bikin Kejutan Nih!

Opung Luhut Binsar Pandjaitan baru saja mengumumkan rencana pemerintah akan ngencengin subsidi BBM mulai 17 Agustus ini. langkah dibuat untuk mengurangi subsidi yang nggak tepat sasaran selama ini. “Subsidi yang salah itu harus dikurangi. Pertamina sudah siap. Target kami, mulai 17 Agustus ini, subsidi cuma buat yang berhak”, kata Luhut dalam akun Instagramnya, Selasa yang lalu.

Subsidi Selama Ini Tidak Tepat Sasaran!

Langkah ini diharapkan bisa membantu mengatasi defisit APBN 2024. Luhut yakin, dengan subsidi yang tepat, pemerintah bisa mengirit anggaran. Selain itu, Opung juga ngasih bocoran kalau pemerintah lagi nge-push penggunaan bioetanol sebagai pengganti bensin. Bioetanol nggak cuma bisa kurangi polusi, tapi juga punya kadar sulfur rendah yang bisa mengurangi kasus ISPA. “Pakai bioetanol, kita bisa kurangi polusi dan penyakit ISPA. Jadi, BPJS juga bisa menghemat sampai Rp 38 triliun”, ucapnya.

BPJS Jadi Menghemat!

Defisit APBN 2024 diprediksi akan lebih gede dari target yang disesuaikan. Opung bilang, ini jadi tantangan untuk pemerintah agar bisa menjaga kestabilan keuangan negara. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebelumnya sudah melaporkan bahwa APBN tahun ini mengalami defisit sebesar Rp 77,3 triliun atau 0,34 persen dari PDB pada semester 1 2024. Meskipun begitu, keseimbangan primer masih mengalami surplus sebesar Rp 162,7 triliun.

APBN Defisit!

Pendapatan negara di semester 1 2024 tercatat sebesar Rp1.320,7 triliun, atau turun 6,2 persen dibanding tahun lalu. Penerimaan pajak juga mengalami penurunan sebanyak 7 persen, cuman Rp1.028 triliun. Dengan langkah-langkah ini, pemerintah berharap bisa ngasih kado spesial untuk rakyat: anggaran yang lebih efisien dan lingkungan juga lebih bersih kedepannya.

Meet The Politician

Ditulis Oleh :