fbpx
Search
Close this search box.

KATA PAK PRESIDEN DATA TUH DI BACK UP!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
(INSTAGRAM : KOMISI.CO)

Table of Contents

Pak Presiden Ngomong Apa Ya?

Youu guys, ada berita seru dari dunia maya nih! Jadi, Presiden Jokowi baru saja ngasih tau soal peretasan Pusat Data Nasional (PDN). Dia bilang pemerintah lagi fokus cari solusi terbaik biar gak kejadian lagi di masa depan. Nah, gimana ceritanya?

Penting Loh Buat Backup!

Pak Presiden cerita di depan media, tentang pentingnya ngebackup data nasional. Hal ini ia ungkapkan dalam acara pertanian di wilayah Karawang, Jawa Barat, Rabu yang lalu. “Yang paling penting kita harus cari solusi terbaik, agar data nasional kita dapat di backup semua”. “Biar kalo ada peretasan, kita gak jadi kaget”, kata dia. Intinya kita biar gak panik lagi kalo ada hacker iseng, semua data harus bisa di backup!

Bukan Cuman Indo aja yang Kena!

Dia ngejelasin, masalah kayak gini gak cuma ada di Indonesia aja, tapi juga terjadi di negara lain. Jadi, gak perlu khawatir ya, guys. “Dan ini terjadi juga di negara-negara lain, bukan cuma di Indonesia,” tambahnya.

Oke balik lagi ke kasus PDNS 2, yang terkena serangan ransomware. Tapi jangan khawatir guys, pemerintah telah berjanji PDNS bakal kembali normal Juli ini. Menurut Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, bilang layanan PDNS 2 bakal aktif lagi di bulan Juli ini. “Layanan menggunakan PDNS 2 akan aktif lagi di bulan Juli ini”, katanya di Jakarta, Senin yang lalu.

Kabar Baiknya Apa?

Kabar baiknya, data dari server PDNS 2 Surabaya bakal disimpan juga di PDN Batam. Jadi, kalo ada masalah, masih ada backup di sana. “Jadi kalo ada lagi masalah dengan PDN, backup data ada di PDN Batam yang bisa interactive service”, ujar Hadi. Dan yang keren lagi, backup data gak cuma sekali atau dua kali. Menko Polhukam bilang, setiap data center harus punya backup beberapa lapisan. Gokil!

Semua Lembaga Wajib Ngebackup!

Semua kementerian, lembaga, dan instansi wajib mencadangkan data mereka. “Jadi setiap kementerian harus punya backup data, hal ini wajib ya, gak opsional”. “Jadi kalo ada masalah kedepannya, tetap ada backup”, tegas Hadi.

Jadi gitu guys, pemerintah lagi serius banget biar gak ada drama lagi soal peretasan data. Doain semoga semua lancar dan aman terus ya! Tetap jaga data kalian juga!
Stay safe and keep updated, guys!

Meet The Politician

Ditulis Oleh :