fbpx
Search
Close this search box.

WHY PARPOL MILIH BOBBY KETIMBANG EDY?

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
(INSTAGRAM : KOMISI.CO)

Table of Contents

Mulus Sekali Langkah Bobby

Jalan langkah Wali Kota Medan, Bobby Nasution, untuk bisa maju dalam Pilgub Sumut makin mulus setelah kantongi dukungan dari tujuh partai politik. Sementara pesaingnya, Edy Rahmayadi, yang masih berstatus petahana, masih nihil dukungan.

Bobby saat ini sudah mengantongi surat rekomendasi dari Gerindra, PAN, Golkar, NasDem, PKB, PPP, dan Demokrat. Gabungan ketujuh partai ini mempunya total 63 kursi dari 100 kursi DPRD Sumut. Sementara Edy masih belum dapat satupun surat rekomendasi dari partai politik. Kans Edy buat bertarung lagi di Pilgub cuma ada di PDIP, yang bisa usung paslon tanpa koalisi. Selain PDIP, ada tiga partai lain yang belum nentuin siapa yang bakal diusung: PKS, Perindo, dan Hanura.

PKS Mendukung Bobby?

Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, sempat bilang bahwa PKS bakal mengusung Bobby di Pilgub Sumut. Mesin partai dan seluruh jajaran PKS siap menangkan Bobby. Tapi, pernyataan itu langsung diralat pada hari itu juga. PKS bilang belum bisa nentuin sosok yang bakal diusung dan masih dalam bahasan internal.

Menurut Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago, ada dua faktor utama yang bikin ketimpangan dukungan partai politik ke Bobby dan Edy. Pertama, partai politik masih pertimbangkan efek endorse dari Jokowi buat Bobby. Meski dampaknya nggak bakal sebesar Pilpres kemarin.

Endorse Jokowi?

“Ada ketimpangan dukung, menunjukkan ada perbedaan agenda yang menarik. Partai besar yang dukung Bobby lihat dari sisi Presiden Jokowi”, ujar Arifki di CNNIndonesia.com, Selasa lalu. Kedua, status Bobby yang sudah jadi kader Partai Gerindra juga turut berpengaruh besar. Kondisi mungkin beda kalau Bobby masih di PDIP. Sebagai pemenang Pilpres 2024, koalisi pemerintahan berpusat di Gerindra. Jadi, wajar aja kalau calon dari Gerindra mudah untuk diusung partai lain, khususnya yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Prabowo Presiden Menjadi Point Plus!

“Dukungan partai ke Bobby karena mereka diuntungkan. Bukan cuma soal Jokowi, tapi juga faktor Presiden terpilih Prabowo dan Gerindra,” jelas Arifki. “Keuntungan partai politik dukung Bobby karena pilihan yang diambil, entah karena peta koalisi ke depan atau dinamika di Sumut sendiri,” tambahnya.

Meet The Politician

Ditulis Oleh :